All our publications and other materials

Current publications | Search

Action of

Kajian Lingkungan dan Sosial Ekonomi dalam Perencanaan Program Rehabilitasi dan Pemberdayaan Masyarakat di Gampong Layeun

Pada Juli 2014, Wetlands International diundang Clinton Global Initiative (CGI) untuk bersama-sama memikirkan dan berkontribusi dalam pemulihan mata pencaharian masyarakat desa Layeun. Pada pertemuan yang dihadiri Presiden Clinton, CGI berkomitmen memberikan bantuan berupa 12 unit kapal tangkap. Di saat yang sama, Wetlands International juga berkomitmen untuk memfasilitasi masyarakat melakukan kegiatan pemberdayaan ekonomi yang diintegrasikan dengan restorasi pesisir. Kedua program ini diharapkan mampu bersinergi agar dapat memberikan dampak yang lebih signifikan bagi pemulihan perekonomiam masyarakat dan lingkungan pesisir.

 Read more ...

WKLB_Vol 22 no 3

Fokus kali ini menyajikan secara khusus contoh kegiatan kajian baseline ekosistem mangrove di pesisir Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara. Simak pula informasi-informasi lainnya yang
mengetengahkan betapa kayanya ragam budaya dan sumber daya alam Indonesia .

 Read more ...

Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengelolaan Kawasan Pesisir dan Laut

Kegiatan hybrid engineering ini dilaksanakan di Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, abupaten
Demak, Provinsi Jawa Tengah. Pemilihan lokasi ini mengacu pada lokasi program Pengembangan
Desa Pesisir Tangguh (PDPT) yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Bekerjasama dengan KKP, struktur hybrid engineering telah dibangun di dukuh Bogorame dan dukuh Wonorejo, Desa Timbulsloko pada bulan Oktober‐November tahun 2013.

 Read more ...

Pelatihan “Pemetaan Ekosistem dan Rehabilitasi Pantai Berbasis Masyarakat di Kabupaten Sikka dan Lembata “ Propinsi Nusa Tenggara Timur

Dalam pelatihan ini, peserta difokuskan untuk memperoleh pemahaman dan pengetahuan tentang
aspek-aspek dalam pengelolaan ekosistem pesisir dalam konteks Pengurangan Resiko Bencana
(PRB) dan perubahan iklim (adaptasi dan mitigasi) berbasis masyarakat. Pengetahuan dasar mengenai ekosistem, restorasi, perubahan iklim dan kebencanaan disampaikan pada awal pelatihan guna menyeragamkan pemahaman peserta terlebih dahulu. Secara khusus, pelatihan ini
memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta tentang tata cara mengelola atau melaksanakan rehabilitasi pesisir.

 Read more ...

Kajian Baseline Ekosistem Mangrove di Desa – desa di Kabupaten Pohuwato dan Bolaang Mongondow Selatan

Penilaian kondisi awal (Baseline Asessment) suatu wilayah dalam konteks ekosistem merupakan hal yang sangat penting dalam rangka menyelaraskan kondisi serta potensi suatu lokasi proyek dengan desain dan rencana proyek. Kajian dilaksanakan di desa-desa dan kecamatan yang terpilih menerima Program Fasilitas Dana Hibah Skala Kecil (Small Grant Facility/SGF) di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara.

 Read more ...

WKLB Vol. 22 No 2, Juli 2014

Indahnya alam Indonesia, menyejukkan jiwa. Namun sayangnya , keindahan itu selalu diiringi kerusakan yang membuat merana. Ibarat dua sisi mata uang, indah dan punah bak sepasang
kata yang tidak dapat terpisahkan. Potret tersebut juga tersajikan pada tulisantulisan edisi kali ini.
Mudah-mudahan informasi dan data yang tersaji ini, bisa menjadi pengetahuan dan motivasi untuk kita terus berfikir dan berkarya bagi pulihnya alam lingkungan dari segala kerusakan.

 Read more ...

Building with Nature Documentary

Indonesian coasts suffer from erosion, caused by sea level rise, mangrove conversion for aquaculture and groundwater extraction. In some places kilometres of land are lost and this will exacerbate with climate change. Hard structures like sea walls are ineffective in mud-coasts, expensive and unable to adapt to climate change. Furthermore, they fail to provide the economic, environmental and social services that healthy ecosystems offer. We combine ecosystem based solutions like mangrove restoration with engineering, called ´Building with Nature´. With this multi-stakeholder approach we build safe coastlines that adapt to sea level rise and simultaneously introduce sustainable land uses for prosperity. We aim to mainstream the Building with Nature approach in coastal management across Indonesia for climate change adaptation and to catalyse change through a large scale implementation in Central Java.

 Read more ...

WKLB - Vol 22 no 1, April 2014

Wetlands International telah memproklamirkan Identitas Baru organisasi termasuk logo baru. Mulai edisi kali ini, WKLB tampil dengan perwajahan baru. Semoga, ini menjadi peyemangat baru bagi kita semua dalam menjaga dan merestorasi lahan basah.
 

 Read more ...

Dutch wetlands inspire Indonesian coastal managers

Indonesia plans to restore the eroding areas of its coastline in Java and Bali with nature based approaches inspired on Dutch methods. Also other vulnerable coasts in Indonesia will be looked at. The Indonesian Ministry of Marine Affairs and Fisheries (MMAF), environmental organisation Wetlands International and research institute Deltares last week Friday formally agreed to collaborate in the effort to tackle the erosion problems of Indonesian coasts.

 Read more ...

Mengintegrasikan ekosistem ke dalam praktik resiliensi

Integrasi pengelolaan ekosistem dan sumber daya alam ke dalam pengurangan risiko bencana (PRB) hingga saat ini nyaris terabaikan. Dokumen ini memperkenalkan serangkaian kriteria yang dapat dipergunakan oleh perumus kebijakan dan para praktisi untuk mengintegrasikan pengelolaan ekosistem dan sumber daya alam dalam pekerjaan PRB mereka dengan lebih baik.

 Read more ...

WKLB Vol. 21 No.4

Warta Konservasi Lahan Basah sebagai sarana kecil dalam berbagi informasi dan pengalaman di bidang perlahanbasahan, terus berupaya mengetengahkan informasi-informasi dan pengalaman dari berbagai kalangan di berbagai tempat. Semoga agihan sederhana ini dapat menjadi bahan inspirasi dan edukasi bagi kita semua.

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Vol 21 No.3, Juli 2013

Kami haturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya khususnya kepada seluruh penulis yang telah secara sukarela berbagi pengetahuan dan pengalaman berharganya untuk dimuat pada majalah ini.

 Read more ...

Membangun bersama Alam untuk Ketahanan Pesisir

Brosur ini menjelaskan konsep hybrid engineering dan memberikan alasan untuk beralih dari ketergantungan pada struktur keras, dan bergerak menuju bekerja bersama dan dengan alam untuk ketahanan pesisir. Informasi yang terdapat dalam brosur ini dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan dan praktisi ketika mempertimbangkan opsi untuk perlindungan pantai di daerah tropis.

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Vol. 21 No. 2, April, 2013

Air adalah sumber kehidupan. Ia akan terjaga dengan baik apabila lahan basah sebagai wadah dan sumber air juga terkelola dengan baik. Kerusakan lahan basah, akan berdampak timbulnya bencana alam, kelangkaan air bersih, dan hancurnya bumi yang kita pijak ini. Untuk itu, pengelolaan antara lahan basah, air dan bumi haruslah terpadu dan tidak bisa dipisah-pisahkan.

 Read more ...

State of the Art Information on Mangrove Ecosystems in Indonesia

Indonesia is a tropical archipelago with coastlines measuring a total length of 95,181 km, making it the country with the fourth longest coastline in the world (EarthTrends WRI, 2003, and Rompas, RM.2009). All along the coast are the estuaries of rivers great and small that flow the whole year round thereby enabling mangroves to thrive, particularly on shores sheltered from the waves, such as lagoons, deltas, coral and sand bars. Currently, Indonesia’s mangroves cover 30,000 square kilometres, 21% of the global total mangrove area, and contain 45 (not including introduced species) of the world’s 75 species of true mangrove (Spalding et al., 2010). As a result, Indonesia is known as the country possessing the most mangroves, both in terms of area and number of species.

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Vol. 20 No.4 Oktober 2012

Melalui kegiatan yang aktif saat ini dilakukan, WI-IP bersama mitra-mitra terkait terus mencoba berusaha memulihkan dan mengembalikan “kekuatan” ekosistem lahan basah khususnya pesisir melalui kegiatan rehabilitasi kawasan. Secara sinergi, kegiatan rehabilitasi tersebut juga diikuti dengan pengembangan perekonomian masyarakat. 

 

 
 Read more ...

Rehabilitasi Ekosistem Pesisir di Kabupaten Ende, NTT

 Upaya Pengurangan Resiko Bencana melalui kegiatan rehabilitasi pesisir dipadukan dengan peningkatan ekonomi masyarakat

 Read more ...

Rehabilitasi Ekosistem Pesisir di Kabupaten Sikka, NTT

 Upaya Pengurangan Resiko Bencana, melalui kegiatan rehabilitasi di Kab. Sika

pesisir dipadukan dengan peningkatan ekonomi masyarakat
 Read more ...

Rehabilitasi Ekosistem Pesisir di Desa Sawah Luhur, banten

 Upaya Pengurangan Resiko Bencana dan adaptasi terhadap Perubahan Iklim, melalui kegiatan rehabilitasi dipadukan dengan peningkatan ekonomi masyarakat (Bio-rights)

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah

Berbagai informasi dan pengalaman dari para penulis tentang kabar lahan basah akan coba kami paparkan kolom demi kolom. Dari belahan timur negara kita tersaji informasi tentang mangrove dan etnis Papua. Sangat menarik untuk disimak tentang bagaimana potensi, pemanfaatan dan konservasi yang sedang dan akan dilakukan disana. Lalu, apa kabar lahan basah di bumi belahan barat negara kita, khususnya di Aceh pasca tsunami 2004 lalu? Simak informasinya pada kolom Konservasi Lahan Basah
bertajuk “Tujuh tahun pasca tsunami di Aceh”.

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi April 2012

Dimulai dengan edisi kali ini, WKLB akan setia dihiasi informasi-informasi seputar Teluk Banten dan Nusa Tenggara Timur, hal ini terkait dengan salah satu kegiatan Wetlands International - IP yang difokuskan pada kedua wilayah tersebut melalui program Partner for Resilience (PfR). 

 Read more ...

Serial CAKRA 4 : Menyelamatkan Hutan Gambut

Pada edisi ini cerita berlangsung di hutan gambut dan desa-desa di pinggiran hutan gambut. Cakra dan kawan-kawan mengajak kepada penduduk untuk menyelamtkan hutan gambut dengan cara membendung parit-parit yang ada dihutan gambut.

 Read more ...

Serial CAKRA 3 : Pertualangan di Terumbu Karang

 Apa jadinya kehidupan laut tanpa terumbu karang karena musnah akibat ulah sekelompok manusia yang yang serakah sehingga banyak ikan yang mati....nelayan lainpun ikut merugi.  ikuti serunya jalan cerita pada komik edisi kalai ini.

 Read more ...

Program "MANGROVE CAPITAL" Meningkatkan Ketahanan Pesisir

 Mangrove sebagai komponen kunci dalam pertahanan pesisir dan pengembanganakuakultur

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi Januari 2012

Warta Konservasi Lahan Basah (WKLB) kali ini menyajikan informasi terbaru mengenai Program “Mangrove Cavital” meningkatkan ketahanan pesisir. Publikasi Januari 2012

 Read more ...

Kajian Baseline Data Desa-Desa Pantai Kabupaten Pemalang

Maksud dari kegiatan survey di wilayah pantai ini adalah tersusunnya hasil kajian/baseline data pantai di kabupaten Pemalang sebagai dasar untuk perencanaan pengelolaan pesisir secara berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

 Read more ...

Kajian Ekosistem dan Tutupan Lahan di Desa Noebesa, Kecamatan Amanuban Tengah, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)

Kajian ini merupakan bentuk kerjasama antara Wetlands International - Indonesia Programme (WIIP) dengan berbagai pihak terkait di lapangan sebagai wujud dukungan terhadap Desa Noebesa menuju pengelolaan ekosistem yang lebih baik terkait dengan Pengurangan Resiko Bencana. Kajian ini melibatkan beberapa ahli (specialist) yang berpengalaman dalam bidang kehutanan, ekologi, GIS, reklamasi tambang, dan kerentanan, serta didukung oleh mitra lokal dan masyarakat Desa Noebesa.

 Read more ...

Celebration of World Wetlands Day 2011 in Serang-Banten, Indonesia

This report describes the World Wetlands Day activities in Desa Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Serang-Banten, Indonesia on 2nd of February 2011. World Wetlands Day 2011 comes exactly 40 years since the Convention on Wetlands was signed in 1971 in the city of Ramsar, Iran. This makes its celebration in every Ramsar member country a very special one. Indonesia, with its continued commitment to the protection and conservation of wetlands for the benefit of present and future generations, is no exception.

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi 1 Februari 2011

Tema Hari Lahan Basah tahun 2011 ini adalah “Forests for Water dan Wetlands”. Sarat makna dan pesan

yang terkandung dalam tema tersebut. Lahan basah, hutan dan air adalah tiga komponen sumberdaya

alam yang terangkum dalam satu kesatuan ekosistem utuh, sehingga pemanfaatan dan pengelolaannya

haruslah terpadu dan utuh pula. Hutan khususnya hutan lahan basah tentu tidaklah akan tumbuh baik bila

habitat lahan basahnya tercemar dan terdegradasi, begitu sebaliknya lahan basah menjadi terancam bila

tegakan hutan di atasnya rusak atau hilang.

 Read more ...

Pengelolaan Lahan Basah Pesisir dan Pengurangan Resiko Bencana di Indonesia

Buku ini menguraikan berbagai hal mengenai jenis-jenis bencana yang sering terjadi di kawasan

pesisir, peran dan manfaat lahan basah pesisir dalam pengurangan resiko bencana (PRB), beberapa instrumen/kebijakan yang berperan dalam PRB dan identifikasi berbagai pihak baik yang terlibat secara langsung maupun tidak, serta upaya-upaya yang telah dilakukan dalam pengelolaan lingkungan lahan basah terkait dengan pengurangan resiko bencana di Indonesia.
 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi 2 Juli 2010

Fokus edisi kali ini menyajikan kondisi ekosistem Danau Tondano yang terletak di Kabupaten Minahasa,

Sulawesi Utara. Danau vulkanik air tawar yang memiliki banyak nilai dan fungsi tinggi bagi masyarakat

sekitarnya tersebut, kini sudah sangat terancam dan mengalami gangguan yang serius. Melihat kondisi ini, pemerintah RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup telah menetapkan Danau Tondano menjadi salah satu dari lima belas danau prioritas di Indonesia yang harus segera dipulihkan.

 

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi 2 juli 2010

Fokus edisi kali ini menyajikan kondisi ekosistem Danau Tondano yang terletak di Kabupaten Minahasa,

Sulawesi Utara. Danau vulkanik air tawar yang memiliki banyak nilai dan fungsi tinggi bagi masyarakat

sekitarnya tersebut, kini sudah sangat terancam dan mengalami gangguan yang serius. Melihat kondisi ini, pemerintah RI melalui Kementerian Lingkungan Hidup telah menetapkan Danau Tondano menjadi salah satu dari lima belas danau prioritas di Indonesia yang harus segera dipulihkan.

 

 Read more ...

Panduan Pengelolaan Budidaya Tambak Ramah Lingkungan di Daerah Mangrove

Budidaya tambak ramah lingkungan ramai didengungkan akibat kerusakan lingkungan pesisir (mangrove) yang parah, salah satunya akibat kegiatan pembukaan lahan untuk tambak. Sehingga konsep budidaya tambak ramah lingkungan lebih sering disebut sebagai budidaya tambak yang melestarikan mangrove sebagai jalur hijau atau penanaman mangrove di tambak (silvofishery).

 

 Read more ...

Flyer - Rehabilitasi Ekosistem Pesisir di Kabupaten Sikka, NTT

Upaya Pengurangan Resiko Bencana, melalui kegiatan rehabilitasi pesisir dipadukan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat

 Read more ...

Flyer - Hutan Mangrove

 Flyer ini memberikan gambaran akan fungsi dan manfaat hutan gambut serta permasalahan dan cara mengatasi permasalahannya

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi 1 Februari 2010

Fokus kali ini terkait dengan komitmen dari negara-negara anggota Ramsar yang telah menyepakati untuk memperingati ‘World Wetlands Day (WWD)’ di negaranya masing-masing. Di Indonesia, kegiatan ini diselenggarakan dimana-mana oleh berbagai kalangan. Wetlands Internarional - IP (WI-IP), memilih lokasi di wilayah Pesisir Desa Sawah Luhur dan C.A. Pulau Dua, Serang-Banten. Inti kegiatan adalah penanaman bibit mangrove dan penyuluhan, dengan sasaran utama adalah masyarakat petani tambak dan siswa-siswi SD, selain juga dihadiri unsur-unsur dari Pemerintah Daerah, Media dan KSDA Serang. Simak ringkasan laporannya pada kolom Fokus Lahan Basah.

 

 

 Read more ...

Ringkasan Profil Kegiatan

Wetlands International (WI-IP) adalah bagian dari jaringan global Wetlands International, yang merupakan Organisasi Non-Pemerintah dan bekerja secara global, regional, nasional hingga lokal untuk mencapai tujuan konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara bijaksana, sebagai bentuk sumbangan bagi terwujudnya pembangunan secara berkelanjutan.  WI-IP, semula bernama Asian Wetlands Bureau (AWB-IP) telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1987 atas dasar Memorandum of Understanding (MoU) antara Wetlands International dengan Pemerintah Indonesia c.q. Departemen Kehutanan c.q. Direktur Jenderal PHKA.

 Read more ...

Protect Our Coral Reefs and Coastal Ecosystem

Poster ini mngajak masyarakat untuk menjaga kelestarian batu karang dan ekosistem pantai 

 Read more ...

Coral Reef Ecosystem Conservation by the Community for the Sustainability of Fishery Resources in Weh-Sabang Island, Nanggroe Aceh Darussalam Province

Weh Island, well known as Sabang is the one of the most outer island of Indonesia (0 km point of Republic Indonesia). Weh Island’s coastal ecosystems is dominated by coral reef, it made Weh Island famous as marine tourism. Tsunami December 2004 destroyed Weh Island especially its coral reef ecosystem where many of them buried with sand. 

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah Edisi April 2009

 Hari Lahan Basah, yang diperingati setiap 2 Februari, merupakan moment penting bagi para muda

untuk menyatakan wujud kepedulian dan rasa sayang mereka terhadap lingkungan. Peringatan tahun
ini, WIIP telah memfasilitasi kegiatan penanaman mangrove di Aceh dan Pulau Dua, Banten, yang
dilakukan langsung oleh siswa-siswi sekolah yang juga datang dari luar wilayah kegiatan. Simak
laporan singkatnya pada kolom Berita Kegiatan.
 
Informasi-informasi lain mengenai perlahanbasahan di Indonesia dapat juga Anda baca pada kolomkolom yang tersedia pada warta ini.
 Read more ...

Bio-rights dalam teori dan praktek

Bio-rights adalah sebuah mekanisme pendanaan inovatif yang ditujukan untuk menggabungkan upaya pengentasan kemiskinan dan upaya konservasi lingkungan melalui penyediaan kredit mikro untuk pembangunan berkelanjutan.Pendekatan ini mendukung penduduk setempat untuk tidak melakukan tindakan kontraproduktif dan justru secara aktif terlibat dalam upaya-upaya restorasi dan konservasi lingkungan.

 

 

 

 Read more ...

Leaflet - Percontohan Rehabilitasi Ekosistem Pesisir di Kawasan Kuala Gigang Kabupaten Aceh Besar

Arboretum Tanaman Hutan Pantai di Desa Kajhu dan Gampong Baro Kabupaten Aceh Besar : Keterpaduan antara Rehabilitasi Ekosistem, Pendidikan Lingkungan dan Pemberdayaan Ekonomi.

 Read more ...

Leaflet - Rehabilitasi Ecosistem Pesisir di Kecamatan Jaya Kabupatan Aceh Jaya

Rehabilitasi Ecosistem Pesisir di Kecamatan Jaya Kabupatan Aceh Jaya

 Read more ...

Warta Konservasi Lahan Basah No. 17 Februari 2009

Upaya-upaya mitigasi guna meredam/mengurangi dampak-dampak dari suatu bencana alam seperti tsunami dsb. perlu dilakukan. Penghitungan biomassa merupakan salah satu langkah penting yang harus diketahui dan dilakukan dalam sebuah kegiatan atau proyek mitigasi perubahan iklim. Simak sekilas paparannya di warta edisi kali ini.

 Read more ...

Tanya & Jawab Seputar Gambut di Asia Tenggara Khususnya Indonesia

Hutan rawa gambut di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia, merupakan pelabuhan bagi berbagai jenis
flora dan fauna, beberapa diantaranya berperan penting bagi masyarakat lokal, baik sebagai sumber
sandang, pangan maupun bahan obat-obatan.

 Read more ...

Poster Central Kalimantan Peatland Project

Poster about peatland restoration in Central Kalimantan, explaining the Central Kalimantan Peatland Project to people in the area (in Indonesian).

 

 

 

 

 Read more ...

Handbook for local policy makers in Kalimantan's peatlands

Handbook in Bahassa Indonesia for policy makers about the problems connected to peatland drainage and the solutions of the Central Kalimantan Peatland Project.

 

 

 Read more ...

Leaflet for local communities in Kalimantan's peatlands

Leaflet in Bahassa Indonesia to local communities the problems connected to peatland drainage and the solutions of the Central Kalimantan Peatland Project.

 Read more ...

Serial CAKRA 7: Karyawisata ke Pesisir yang Sehat

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang ekosistem pesisir yang yang sehat dan manfaat lebih lainnya tambak silvofishery? ikuti ceritanya. 

 Read more ...

Serial CAKRA 6: Petualangan Menyelamatkan Penyu

Dalam komik ini diceritakan bagaimana Cakra dan kawan bertualang untuk menyelamatkan penyu dari ancaman orang-orang yang jahat.

 Read more ...
Pages: 1 of 2