All our publications and other materials

Current publications | Search

Ringkasan Profil Kegiatan

Wetlands International (WI-IP) adalah bagian dari jaringan global Wetlands International, yang merupakan Organisasi Non-Pemerintah dan bekerja secara global, regional, nasional hingga lokal untuk mencapai tujuan konservasi dan pemanfaatan lahan basah secara bijaksana, sebagai bentuk sumbangan bagi terwujudnya pembangunan secara berkelanjutan.  WI-IP, semula bernama Asian Wetlands Bureau (AWB-IP) telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1987 atas dasar Memorandum of Understanding (MoU) antara Wetlands International dengan Pemerintah Indonesia c.q. Departemen Kehutanan c.q. Direktur Jenderal PHKA.


Description:

AWB yang semula berdiri sendiri, pada tahun 1995, bersama organisasi sejenis yaitu International Waterfowl and Wetland Reasearch Bureau (IWRB) dan Wetland for the Americas (WA), melebur diri menjadi Wetlands International dimana organisasi dengan nama baru ini membuka kesempatan kepada Pemerintah Negara-Negara untuk bergabung menjadi anggota. Dengan surat no.1659/Menhut-VI/95 tanggal 17 November 1995 Menteri Kehutanan menyatakan Indonesia bergabung menjadi anggota Wetlands International.

Pada November 2005 ditandatangani MoU yang baru antara Pemerintah Indonesia c.q. Direktur Jenderal PHPA dengan Wetlands International yang menjadi landasan tetap beroperasinya Wetlands International - Indonesia Programme di Indonesia.   MoU ini berjangka waktu 5 (lima) tahun dengan perpanjangan otomatis 1 (satu) tahun untuk proses evaluasi dan perpanjangan.

Untuk mendukung pencapaian misinya, WI-IP selalu dan akan terus bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat maupun pemerintahan yang terkait, termasuk institusi-institusi pendidikan, media maupun sektor swasta.

share by email email