All our publications and other materials

Current publications | Search

Membangun bersama Alam untuk Ketahanan Pesisir

Brosur ini menjelaskan konsep hybrid engineering dan memberikan alasan untuk beralih dari ketergantungan pada struktur keras, dan bergerak menuju bekerja bersama dan dengan alam untuk ketahanan pesisir. Informasi yang terdapat dalam brosur ini dapat digunakan oleh para pembuat kebijakan dan praktisi ketika mempertimbangkan opsi untuk perlindungan pantai di daerah tropis.


Description:

Di wilayah pantai tropis, banyak area hutan mangrove yang telah di ubah untuk memberi ruang bagi kegiatan budidaya tambak, pemukiman perkotaan dan pemanfaatan lainnya. Hal ini menyebabkan terjadinya erosi, intrusi air laut dan meningkatnya kerentanan terhadap banjir, meningkatkan resiko orang dan mata pencaharian mereka terhadap bencana alam dan bencana akibat perbuatan manusia.

Untuk mengatasi masalah ini, pengelola pesisir cenderung beralih pada pendekatan struktur ‘keras’ - seperti tanggul dan pemecah ombak/gelombang. Namun, struktur tersebut seringkali mahal dan tidak fl eksibel, dan sering gagal memberikan perlindungan yang memadai bagi masyarakat maupun properti. Terkadang struktur ini menjadi kontraproduktif dan memperburuk masalah yang seharusnya mereka pecahkan.

Hybrid engineering merupakan konsep inovatif yang berusaha untuk bekerja dengan alam, bukan melawannya. Konsep ini berusaha untuk menggabungkan ilmu teknik sipil (engineering) dan proses alam dan sumber daya, menghasilkan solusi dinamis yang lebih mampu beradaptasi dengan perubahan keadaan. Selain itu, struktur hibrida dapat memberikan berbagai jasa lingkungan di samping untuk perlindungan pantai, seperti sumber pangan dan regulasi iklim.

Brosur ini juga tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol.


Related Action(s):
Community-based mangrove reforestation in Aceh, Indonesia , Mangrove restoration, Building with Nature, Strengthening Coastal Resilience for Communities in Nusa Tenggara Timur, Indonesia , Strengthening local NGOs in Indonesia in mangrove rehabilitation techniques

share by email email