All our publications and other materials

Current publications | Search

Mengintegrasikan ekosistem ke dalam praktik resiliensi

Integrasi pengelolaan ekosistem dan sumber daya alam ke dalam pengurangan risiko bencana (PRB) hingga saat ini nyaris terabaikan. Dokumen ini memperkenalkan serangkaian kriteria yang dapat dipergunakan oleh perumus kebijakan dan para praktisi untuk mengintegrasikan pengelolaan ekosistem dan sumber daya alam dalam pekerjaan PRB mereka dengan lebih baik.


Description:

Kriteria ini menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk mengembangkan pendekatan ‘cerdas-ekosistem’ dalam perancangan, implementasi dan evaluasi program pengurangan risiko. Kriteria tersebut memberikan panduan mengenai kapasitas yang diperlukan, kemitraan, pengaturan institusional dan kebutuhan perencanaan.


Kriteria ini dikembangkan dalam rangka aliansi Partners for Resilience, yang bertujuan untuk mengurangi dampak ancaman bahaya alam terhadap mata pencaharian sekitar 400.000 orang yang mengalami kerentanan di seluruh dunia. Aliansi ini merupakan salah satu upaya pertama berskala besar untuk mempersatukan keahlian dari sektor kemanusiaan, pembangunan dan lingkungan ke dalam program pengurangan risiko dan adaptasi perubahan iklim (API) yang menyeluruh. Mengikuti kriteria ini akan membantu memadukan bidang-bidang ilmu tersebut, yang akan sangat meningkatkan keberlanjutan dan efektivitas dari intervensi pengurangan risiko. Meskipun dokumen ini difokuskan pada pengurangan risiko bencana, kriteria tersebut juga dapat dipergunakan untuk memandu integrasi pertimbangan lingkungan dalam proses perencanaan adaptasi perubahan iklim.

Dokumen ini juga tersedia dalam bahasa Inggris, Perancis dan Spanyol.


Related Action(s):
Bio-rights for Disaster Risk Reduction of K'iche' communities in Sololá, Guatemala, Building Community Resilience to Natural Disasters in Kenya, Building resilience to disasters in the Mahanadi delta and Kosi-Gandak floodplains, India, Reducing disaster risk by restoring wetlands in the Inner Niger Delta of Mali, Reducing the risk of floods and landslides in the Philippines, Strengthening Coastal Resilience for Communities in Nusa Tenggara Timur, Indonesia

share by email email